1.03.2014

Semester Satu Sudah Berlalu

Halo, blog yang sudah mulai berdebu!

Hehehe maaf lama tak mengurusimu, belakangan ini tugas kuliah dan kegiatan di sekitarnya banyak menyita waktu. Wuah segitu tersitanya waktu yang saya punya sampai meng-update kamu pun saya tak sempat, Blog. Ngga juga deng haha sebenernya ngga sesibuk itu.. Masih bisa tidur kok tapi itu dia, sekalinya ada waktu luang selalu saya gunakan baik-baik untuk tidur. Atau jalan-jalan. Senang deh di Bandung banyak tempat seru yang bisa dikunjungi. Nanti ingetin saya buat nulis tentang tempat-tempat itu di postingan yang lain ya, Blog. Sekarang saya akan mencoba menceritakan semua yang sudah saya alami selama beberapa bulan ke belakang, sesingkat yang saya bisa.

Foto diambil oleh Tassug.




Mulai dari... tugas. Yang katanya banyak itu, mungkin ada yang penasaran, emang apa aja sih tugasnya? Banyaaak. Jadi di semester 1 TPB FSRD ini ada beberapa mata kuliah di antaranya Seni Rupa 2D, Seni Rupa 3D, Gambar yang terdiri dari Gambar Konstruk dan Gambar Bentuk, ada juga Dasar Seni Rupa Desain.

Kalau di 2D dan 3D, tugasnya berbentuk nirmana. Nirmana, meskipun namanya mirip sama Nirwana, mereka bukan adik kakak. Nirmana berasal dari kata nir yaitu tidak dan mana bla bla bla zzzz haha cari di Gugel aja ya. Pokoknya nirmana ini menyita waktu.. Buat 2D, kalau mau rapi harus dikerjain berhari-hari. Kalau ngga berhari-hari ya mesti semaleman suntuk makanya saya beberapa kali nginep di kosan temen biar bisa ngerjain bareng. Kalau 3D, yang bikin males itu asistensinya. Huaah nunggunya lama banget. Wajar sih soalnya ada dua ratus lebih orang yang ngantri dan saya salut sama bapak-bapak dosen yang dengan sabar dan penuh perhatian mengasistensi murid-murid yang sesungguhnya masih sulit memahami makna dari pelajaran 3D ini.

gif maker

Gambar bentuk dan gambar konstruk, biasanya tugasnya dikasih pas jam kuliah dan langsung dikerjain di kelas. Gambar bentuk atau biasa disebut gamtuk ini bisa juga disebut gambar ngantuk. Ngga tau kenapa setiap pelajaran ini bakalan ngantuk. Mungkin karena semua orang serius menggambar dan kelas jadi sepi.. Mungkin. Lebih serius lagi pas pelajaran gambar konstruk karena sesungguhnya untuk menghasilkan gambar yang benar diperlukan kecermatan dan kepekaan tinggi terhadap bentuk dan ukuran benda-benda di sekitar kita bla bla bla zzzz. Singkat kata, gambar konstruk sering membuat saya frustrasi.

Matkul yang menurut saya agak santai ialah Dasar Seni Rupa Desain karena ngga ada tugasnya huihi. Dan seru juga kalau diperhatiin lebih dalam. Soalnya DSRD lebih ke ngejelasin teori-teori dasar seni rupanya bukan praktek. Harinya juga hari Jumat dan pulangnya cepaat, jadi terasa paling santai.

Selain matkul-matkul yang berbau seni rupa desain tersebut ada juga mata kuliah umum; bahasa Inggris, Pengantar Rekayasa Desain, dan olahraga. Bahasa Inggris, ya belajar bahasa Inggris. Kalau PRD...apa ya hahaha yang paling saya inget cuma mukanya Pak Yanyan dan kelucuan yang dia buat kalau lagi ngajar. Olahraga, matkul paling menyita keringat dari semuanya hehe yaiyalahya.

Wah sebenernya kalau diitung pake jari dikit ya tugasnya, paling yang dibawa pulang itu 2D, 3D, olahraga bikin rangkuman. Wah iya dikit. TAPIII ngerjainnya itu ngga bisa sejam dua jam aja. Huhu.
Selain ituuu, masa iya sih kuliah cuma ke kampus, belajar, terus pulang ngerjain tugas?

Di TPB (tingkat 1) FSRD ITB tempat saya kuliah ini ada banyaaaak kegiatan di luar akademik yang bisa diikuti. Kegiatan-kegiatannya itu rata-rata bertujuan buat kita bisa senang-senang satu angkatan dan semakin mempererat persaudaraan kami walaupun sebenernya semua kegiatan itu bagian dari kaderisasi tapi jadinya kalau kegiatan itu udah selesai, kita bakalan ngerasa senang (meskipun banyak lelahnya juga hehe) dan semakin kenal sama temen-temen yang lain. Kegiatan yang paling besar adalaaah, Wisudaan! Jadi setiap ada kk-kk yang mau wisudaan kami para TPB akan menyiapkan arak-arakan dan penampilan yang sebagus mungkin. Nyiapinnya itu, wuih, sebuah perjuangan. Tapi senang bisa nginep di kampus dan liat banyak bintang haha norak ya saya.

Selain kegiatan-kegiatan bareng sama temen seangkatan, ada lagi yang lain-lain. Kk-kk tingkat biasanya nawarin TPB buat bantuin mereka ngerjain tugas akhir, nah lumayan banget kan buat nambah pengalaman dan jadi tau kalau di prodi ini bakal bikin apa, di prodi itu bikin apa. Ngga jarang juga TPB diminta bantuan buat jagain pameran. Ada jugaa kakak tingkat yang punya project apa gitu terus nanti kita diajak bikin project itu bareng. Kebetulan saya ikut bantuin kk tingkat bikin film pendek dan itu seru bangeeeet.

Oh iya selain kegiatan di fakultas, saya juga ikutan satu unit yang tempat ngumpulnya ada di lantai 8 gedung PAU. Iya betuul, 8eh! 8eh ini salah satu unit radio di ITB dan kenapa saya ikut unit ini? Soalnya pengen ketemu dan kenal sama banyak orang, anak- anak di luar FSRD sih lebih tepatnya supaya sudut pandang saya ngga terpaku di otak sebelah kanan aja haha. Selain itu saya juga suka musiknya 8eh dan penasaraan, gimana sih rasanya kerja di sebuah radio? Pokoknyaa, semuanya jangan lupa ya dengerin 107,9 FM 8eh Radio ITB your edutainment and music station. Streamingnya lewat sinii

Semester satu ituuuu, meskipun tugasnya banyak, capeknya banyak, begadangnya banyak, pegel-pegelnya banyak, saya merasa beruntung banget atas semua pengalaman yang saya bisa rasakan. Duh sebetulnya semua yang udah saya tulis tadi belum semuanyaa. Semoga memori otak ini masih cukup kuat dan tahan lama untuk mengingat semuanya dan setiap detailnya ya. Tak lupa ingin ucapkan terimakasih banyaaak, Tuhan, buat semuanya. Buat semua senang dan sedih dan capek juga stress dan jalan kaki yang banyak, dan kantong akhir bulan, dan cucian yang menumpuk. Semua itu yang bikin hidup saya jadi warna-warni. Seperti pelangi!

(gambar dari gugel)

1 comment

© Silly Me
Maira Gall