3.01.2016

Umur



Dulu ibu saya sering bilang kalau anak-anak yang aksel itu sebenarnya kurang baik karena secara mental, umur mereka belum matang untuk berada di lingkungan yang berbeda dari usia seharusnya. Tapi setelah saya kuliah dan ketemu lebih banyak orang, saya nggak bisa setuju lagi sama pendapat ibu saya hehehe.

Dalam dunia perkuliahan ini saya ketemu sama anak-anak yang waktu sekolahnya akselerasi. Banyak yang umurnya sama atau lebih muda dari saya tapi kuliahnya lebih cepat dari orang-orang kebanyakan. Pada akhirnya, saya sepenuhnya setuju sama orang yang bilang kalau age is just a number. Kesiapan mental, kedewasaan, nggak selalu bertambah seiring dengan bertambahnya umur.

Manusia dibentuk oleh lingkungan, pengalaman, pendidikan, dan banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi proses pendewasaan. Tentu saja akan berbeda untuk setiap orang. Misalnya nih ada si A yang hidupnya normal-normal saja, sekolah, kuliah kerja, tapi selama itu dia cuma ngikutin apa yang dikasih sama dunia dan nggak mencoba mencari lebih. Lalu ada lagi si B yang dari kecil selalu penasaran, banyak baca buku, banyak ikut kegiatan di luar akademis, udah bepergian ke banyak negara. Melihat perbedaan tersebut, dapat diasumsikan bahwa cara pikir orang A di umur 25 tahun dengan cara pikir si B di umur yang sama akan berbeda.

Pada akhirnya, umur hanya menandakan berapa lama kita telah hidup. Umur tidak menandakan kedewasaan, tidak melambangkan kesiapan mental. Umur hanya lah angka yang mengingatkan kita pada apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum. Malu juga kan, kalau hidup sudah lama tapi yang dilakukan masih itu-itu saja. Malu, kalau hidup sudah puluhan tahun tapi cara pikirnya masih sama seperti saat berumur belasan.

Mungkin kalau di game, umur itu kaya Level kali ya. Kalau udah Level Up, harusnya sih ada skill / achievement yang nambah. Iya benar kadang saya ngerasa gitu, setelah belajar hal-hal baru, menang sesuatu atau jadi sesuatu, rasanya kaya Level Up.

Ngomong-ngomong soal umur, masa di angkatan 2015 ada anak 8EH yang kelahiran 1999. BAHKAN 17 TAHUN AJA BELUM. SEDANGKAN GUE 21. EH INI GAK MARAH-MARAH YA CUMA KAGET AJA.

Btw jadi rajin gini nulis blog, mentang-mentang layoutnya baru diganti. Padahal mah udah kepikiran isinya dari jaman dinosaurus tapi gak ditulis-tulis... Masih belajar lagi nih untuk bisa menulis dengan baik haha kok setelah saya lihat lagi isi postingan ini apa banget??? Tapi begitu lah isi kepala saya kadang emang apa banget dan so tau.

Sori sori nih kalau minggu ini saya akan sering membanjiri feed dengan berbagai macam postingan. Mumpung masih semangat hehe.

No comments

Post a Comment

© Silly Me
Maira Gall