3.12.2015

Semester Tiga Sudah Berlalu

Haloooooo, blog! Sudah lamaaaa sekali tidak menulis di sini.... Antara malas, tak ada waktu, belum sempat, belum menyempatkan diri, dan sejuta alasan lainnya berhasil membuat blog ini terbengkalai huhu maaf yaa. Ini bakal jadi postingan yang pendek sih kayaknya. Meskipun banyak hal yang sebenarnya terjadi di semester tiga kemarin (duh bahkan sekaang udah pertengahan semester empat). Intinya, yang menjadi highlight pada semester ini adalaaaah. Portofolio dan Pasar Seni!

 Portofolio? Apa itu portofolio?



 Kalau kata wikipedia sih "Istilah portofolio dipakai dalam sejumlah bidang kegiatan yang masing-masing memiliki arti cukup berbeda. Istilah ini adalah bentuk latinisasi dari portefeuille." Di prodi gue sendiri, yaitu Desain Interior, portofolio ini merupakan satu tugas besaaar, yang pengerjaannya memakan waktu cukup lama, proses asistensi yang lamaaa, bahkan sampai memakan korban. Ngga deng. Ga lucu ya. Huhu. (Oiya masa semenjak masuk interior selera humor gue yang udah receh ini semakin bertambah receh) Pokoknya ngerjainnya lama gitu karena emang butuh waktu yang lama...(kalau cepet nanti cuma jadi rumah barbie..) Bahkaan di malam tahun baru sekali pun, di saat orang-orang lain berkumpul bersama keluarga atau teman-temannya, gue terdampar sendirian, di kosan, mengutak-atik sketchup. Ini hasilnya kalau mau lihat.




Lah gitu doang kok negrjainnya setengah semester sendiri? Nggak teman-teman adik-adik bapak-bapak ibu-ibu, yang dikumpulin bukan gambar di atas aja yah. Ada banyak lagi yang lain seperti maket, gambar potongan, denah dan perspektif.

Oiya, by the way, anyway, busway, setelah gue mempelajari interior lebih dalam, ternyata seru juga! Dan ternyata sangat kompleks. Banyak banget yang harus dipelajari dan dimengerti. Sekalian gue sebutin ya matkul-matkul di semester ini.

Ada studio perancangan 1, matkul ini nih yang tugas besarnya porto. Di studio 1 ini objek yang dirancang masih simpel banget yaitu one room apartment yang isinya cuma satu orang. Lewat matkul ini banyak dijelasin juga interior itu sebenernya apa. Ruang itu apa sih? Apa bedanya space sama room? Terus nanti kerja di bidang ini bakal kaya gimana sih? Semua pertanyaan tersebut terjawab di matkul ini. Selain itu, ada matkul prinsip desain interior, di sini lebih dijelasin tentang teori-teori desain gitu tapi yang berhubungan sama interior. Ada juga matkul material dan warna. Ini seruuu soalnya bisa tau lebih banyak tentang material apa aja sih yang digunakan dalam interior dan hasilya pas baru-baru dapet kuliah ini kalau liat apa-apa jadi suka ngeraba-raba gitu dan menebak material apa yang digunakan beserta finishingnya.

Ada lagi sejarah desain di mana gue belajar tentang sejarah desain dari jaman dahulu kala sampai sekarang. Terus ada ergonomi desain interior, jadi selain produk ternyata interior juga butuh ukuran ergonominya loh. Iyalah ya soalnya sangat berkaitan erat dengan manusia. Lalu lalu ada teknik presentasi, di sini gue belajar nge-render dan gambar secara teknis, sama diajarin cara presentasi juga. Tak ketinggalan ada studi gubahan ruang, ini mirip-mirip nirmana 3d waktu tpb dulu tapi kontaksnya lebih ke ruang. Matkul ini sukses bikin gue bolak balik Depok-Bandung gara-gara tugasnya yang pengumpulannya seminggu sebelum masuk semester empat :"-)

 Secara garis besar itu laah yang gue pelajarin di semester tiga yang lalu. Ngga cuma itu aja di semester-semester berikutnya otak gue akan dirasuki oleh banyak hal baru lainnya. Karena seperti yang gue bilang tadi, desain interior itu kompleks bangeet. Ada fisikanya juga bahkan. Sangat berbeda sekedar mendekorasi sebuah ruang dengan benar-benar mendesain ruang dari awal. Yah doakan saja ya ku masih kuat berkuliah di sini hingga lulus nanti amiiiin.

 Di luar kuliah, ada pengalaman seru nan lucu dan menarik yang gue alami semester kemarin. Apalagi kalau bukan....menjadi bagian dari panitia Pasar Seni ITB 2014! Panitia divisi souvenir lebih tepatnya. Yaa Pasar Seni yang diadain cuma empat tahun sekali itu. Pasar Seni yang pas tahun 2010 gue pengen dateng tapi gabisa. Kenapa seru dan lucu soalnya gue masuk ke divisi yang orang-orangnya seru dan lucu hehe terus kakak-kakaknya juga baik banget. Kerjaan souvenir yang banyak jadi tidak terasa karena canda tawa bersama. Halah haha.

Pokoknya gak akan kulupa deh semua kenangan menginap di grafis atas, melipat ribuan peta, ke-hectic-an h-1, dan banyak keuntungan pula loh masuk ke divisi ini! Saran gue sih buat yang baca ini dan bakal jadi panitia di tahun 2018 nanti masuk divisi souvenir ajaa huahaha. Yah meskpiun di hari H ga bakal bisa ke mana-mana karena harus jaga stand tapi gapapa kok.


Baiklah, udah dulu ya segitu dulu blog sampai jumpa di postingan selanjutnya (yang semoga aja gabakal lama lagi).

No comments

Post a Comment

© Silly Me
Maira Gall