3.03.2016

Bermain-main dengan Lensa Fix



Hari Senin yang lalu, saya sebenarnya ada kelas tapi cabut soalnya kelasnya ga ngapa-ngapain jadi aja ke Studio 8EH dan menemukan sebuah kamera yang teronggok begitu saja. Hehe nggak sih itu sebenarnya ada yang punya. Kebetulan juga beberapa hari sebelumnya saya abis nanya-nanya sama yang punya kamera ini (namanya Adrian) tentang kamera dan dasar-dasar fotografi. Apa saja yang perlu diketahui untuk mereka yang baru belajar fotografi? Berdasarkan jawabannya adrian, ada tiga hal dasar yaitu ISO, shutter speed, dan aperture.

Terus, kamera juga ada beberapa jenis mulai dari SLR (kamera analog), DSLR, sampai kamera mirror-less. Lensa juga ada berbagai macam, ada lensa yang udah sepaket sama badan kameranya namanya lensa kit, ada juga lensa yang gak bisa di atur zoom-nya namanya lensa fix. Ada juga lensa tele untuk mengambil foto jarak jauh. Lensa-lensa tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan objek yang bakalan difoto.
Nah karena kebetulan hari itu Adrian lagi bawa kamera dan ngga dipake, terus dianya juga pergi karena ada kelas, saya mencoba bermain-main dengan kamera yang dia tinggalkan di studio. Seru juga ya meskipun saya ga terlalu banyak bermain dengan pengaturannya, paling cuma ngubah aperture-nya doang haha.

PAU and its aesthetic.
Fyi Studio 8EH itu terletak di lantai 8 Gedung PAU. Kalau kalian tahu perpus di ITB, nah gedung PAU ini ada di sebrangnya persis. Selain (katanya sih) dihuni oleh banyak hantu, banyak juga loh tanaman tropis yang menambah nilai estetis dari interior gedung paling tinggi di ITB ini. Untuk itu saya mencoba mendokumentasikan tanaman-tanaman yang ada sambil mencoba bermain dengan lensa fix yang bisa bikin efek bokeh. Itu loh efek buram-buram dibagian background yang jadi bagus kalau objek fotonya satu. Jadi bisa foto ala-ala Kinfolk. Kalau dimasukin ke instagram insya Allah likes-nya banyak.

No filter, no tipu-tipu.

Saya pun menuruni tangga, satu per satu dari lantai 8 hingga lantai 3 dan menemukan banyak tanaman lucu yang bisa dijadikan objek foto. Bahkan di lantai 3 ada tanaman-tanaman yang rimbun dan kalau dilihat dari atas lucu sekalii.


 

















Seperti itu lah kira-kira hasil 'hunting foto' dadakan yang saya lakukan hari Senin kemarin. Terimakasih Adrian untuk kameranya. Jadi semakin ingin beli kamera digital namun harus menabung dulu yang banyak huhu.

Oiya ngomong-ngomong soal kehidupan kampus, ternyata hari ini (tapi hari ini udah jadi kemarin..udah jam 12.32 soalnya) adalah hari ulang tahun ITB! Wah. Selamat ulang tahun ITB my campus my home (kampusku rumahku maksudnya). Semoga makin makin deh ya. (Ini ngucapin ulang tahun ke kampus berasa ngucapin ulangtahun ke temen). Ya pokoknya semoga semakin berjaya dan berhasil mencetak insan-insan yang bermutu (?). 

Karena hari ini ada kuliah jam 8 pagi, sepertinya harus cepat-cepat tidur. Sampai jumpa di postingan selanjutnyaa.

2 comments

  1. Gile lensa fix bokehnyaaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha beli paww. Eh kalau kamera yang mirror less gt ada lensa fix-nya juga ga?

      Delete

© Silly Me
Maira Gall